oleh

Pasien Covid Nikmati Makanan Gratis Bantuan PITI Jakarta Utara

>

JAKARTA, LINTASKOMPAS.ID — Pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (Isoman), mengaku bersyukur bisa menikmati makanan gratis dari “Paket Jumat Berkah” bantuan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (DPD PITI) Jakarta Utara.

Ketua DPD PITI Jakarta Utara, M Ilham Kurniawan mengungkapkan, semula dari awal program Jumat Berkah ini sudah berjalan di masjid -masjid di Jakarta Utara dengan menggandeng para kyai dan ustadz Nahdlatul Ulama (NU) yang menjadi khotib di masjid masjid tersebut.

Namun setelah adanya Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah yang melarang solat Jumat di masjid-masjid di zona rawan, maka program tersebut dialihkan pada keluarga keluarga yang melakukan isoman dampak dari Covid 19.

“Selama ini Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (DPD PITI) Jakarta Utara, melaksanakan program andalan PITICARE tiap Jumat dengan membagikan makan gratis kepada mayarakat muslim,” kata Ilham Kurniawan, di kantornya, Cilincing, Jakarta Utara, kemarin.

Belakangan program yang telah dimulai 6 bulan yang lalu itu, sekarang dialihkan untuk membantu warga yang melakukan isolasi mandiri karena terpapar covid 19.

Menurut Ketua DPD PITI Jakarta Utara ini, Jumat 13 Agustus kemarin kegiatan Jumat Berkah PITICARE dilaksanakan di Kecamatan Koja, Kelurahan Lagoa dan Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing untuk kedua kalinya.

Sedang pada Jumat 20 Agustus 2021, kegiatan PITI CARE Jakarta Utara dilakukan sedikit berbeda. Ketua PITI sendiri yang langsung menyambangi rumah penerima Jumat Berkah, dengan memberikan sedekah minyak jelantah.

“Minyak jelantah tersebut, sebelumnya dikumpulkan oleh Ibu-ibu PKK dari warga untuk bahan pembuat sabun dan lain-lain,” katanya.

Ketua DPD PITI Jakarta Utara, M Ilham Kurniawan menyerahkan bantuan ke warga yang isoman (foto dok PITI/LKid)
Ketua DPD PITI Jakarta Utara, M Ilham Kurniawan menyerahkan bantuan ke warga yang isoman (foto dok PITI/LKid)

Selama ini, setiap Jumat PITI Jakarta Utara membagikan sebanyak 500 paket nasi ke kelurahan-kelurahan yang tersebar se-Jakarta Utara.

Jumat depan rencananya makanan gratis ini dibagikan di kelurahan-kelurahan yang ada di Kecamatan Tanjung Priok. Sasarannya pada warga yang sedang isolasi mandiri akibat terpapar covid 19.

Pengamat budaya Jakarta H Abu Galih menyatakan apresiasinya atas kegiatan PITI Peduli di Jakarta Utara tersebut. “Kegiatan kebaikan tiap Jumat tidak berhenti, justru lebih bermanfaat untuk bersama sama melawan covid,” katanya (LK.id).

Reporter : Bang Alim, Editor : NAH

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lintas Terkini