oleh

Korban Kebakaran Kampung Melayu Jaktim, Terima Bantuan Logistik

>

Bantuan logistik untuk warga korban kebakaran Kampung Melayu, Jakarta Timur (foto IST/Alim-LKid)

JAKARTA, LintasKompas.id – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Timur, mendatangi warga korban kebakaran di Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara. Kebakaran terjadi Rabu sore 25 Agustus 2021.

PMI sengaja datang bersama enam orang relawan menemui warga korban kebakaran di lokasi penampungan memberikan bantuan logistik.

Kedatangan PMI ke lokasi dilakukan malam hari, beberapa jam setelah kebakaran berhasil dipadamkan. Warga yang tertimpa musibah ini, diungsikan di satu tenda dan musholah.

Koordinator Humas dan Dokumentasi PMI Kota Jakarta Timur, Agus Bastian mengatakan, bantuan diterima pengurus RW setempat disaksikan Lurah Kampung Melayu H. Setiawan.

Dalam musibah kebakaran ini, tercatat sebanyak 66 KK (99 jiwa) warga RW 03 Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur kehilangan tempat tinggal setelah 18 rumah hangus terbakar.

Menurut Agus Bastian bantuan dari PMI Jakarta Timur itu terdiri atas air mineral 6 dus (tiap dus isi 12 botol @ 1 liter), biskuit 4 dus, Okky Flurry 6 dus, kain selimut 40 lembar, pampers 1 dus, susu kotak 2 dus, dan sabun antiseptik 4 dus.

Pada hari Kamis 26 Agustus 2021, PMI Jakarta Timur juga menyediakan makan malam 100 nasi kotak. “Kami juga sudah mendrop air mineral 10 dus. Tiap dusnya berisi 12 botol @ 1 liter,” kata Bastian.

Bantuan diterima pengurus RW setempat disaksikan Lurah Kampung Melayu H. Setiawan.
Bantuan diterima pengurus RW setempat disaksikan Lurah Kampung Melayu H. Setiawan.

Lurah Kampung Melayu H. Setiawan mengungkapkan, akibat kebakaran itu sebanyak 18 rumah yang rusak parah, hangus. Sebanyak 66 KK atau 99 jiwa kehilangan tempat berteduh.

Mereka kini banyak yang tinggal di rumah keluarganya, meskipun pihak kelurahan sudah menyiapkan tenda pengungsian dan musholla.

Sementara Suku Dinas Sosial Jakarta Timur, juga menyerahkan bantuan berupa makanan kepada korban kebakaran di Kampung Pulo Gang III RT 05/03 Kampung Melayu.

“Bantuan itu diserahkan untuk 40 kepala keluarga dengan 80 jiwa yang saat ini tengah mengungsi,” kata Kasi Perlindungan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Sudin Sosial Jakarta Timur, Abdul Salam.

Menurut Abdul Salam, Suka Dinas Sosial sudah memberikan bantuan kepada warga yang terdampak berupa biskuit tiga dus, air mineral empat dus dan kemudian juga susu UHT sebanyak tiga dus. (LKid).

Laporan : Bang Alim, Editor : NAH

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lintas Terkini