oleh

Generasi Melineal dan Political Stage

>

Anak Indonesia (foto fixabay)

Generasi Melineal dan Political Stage Oleh : Irsang (Direktur Eksekutif Lembaga Pengkajian Politik – LPP)

Penulis : Irsang
Penulis : Irsang

Generasi adalah suatu tongkat estafet dalam transformasi kepemimpinan sehingga perlu generasi mempunyai planning kedepan untuk berperan aktif dalam kemajuan bangsa dan Negara. Saatnya generasi melineal harus gercap atau gerak cepat memutuskan langkah mau apa kedepan?, karena siklus zaman mempunyai masa generasi tersendiri.

Generasi melineal sangat mempunyai peran penting untuk membawa arah kemana suatu bangsa. Generasi hari ini harus mempunyai tekad dalam mengambil langkah apapun dengan berbagai sektor. Keterlibatan dalam dunia politik. Misalnya, suatu hal yang baru untuk mewarnai dinamika politik. Karena Generasi melineal tentu mempunyai konsep dan ide yang berbeda untuk menatah jauh kedepan dalam kemajuan suatu Bangsa.

Dengan hal itu, ruang bagi generasi melineal harus terbuka luas karena sangat penting untuk masa yang akan datang, untuk menentukan arah bangsa kedepan tergantung sejauh mana kesiapan generasi hari ini.

Maka hal itu pemuda melineal perlu kolaborasi dengan lintas generasi dalam hal membagi ide dan gagasan.

Selain dari itu, seorang generasi mempunyai peran penting untuk masa depan suatu bangsa dan Negara, maka seorang pemuda melineal harus proaktif dalam perkembangan struktur social. Artinya adalah selain pemuda terjun di politik praktis (political stage ) maka harus juga memahami dan merasakan kondisi dilingkungan masyarakat dan mengatahui struktur social masyarakat seperti apa, seperti perkembangan budaya, ekonomi dan politik.

Kita tahu bersama bahwa salah satu referensi kemajuan suatu Negara tentu sejauh mana kemajuan budaya (Modern Culture) tetapi tidak menghilangkan subtansi budaya leluhur itu sendiri, karena itu harus di pertahankan walaupun zaman modrenisasi menghantam tapi kita jangan pernah lalai dalam mempertahan kan nilai-nilai budaya yang sudah tertanam dalam struktur sosial. Sedangkan ekonomi dan politik juga salah satu indicator majunya suatu Negara.

Dalam perkembangan infrastruktur teknelogi, Generasi melineal tetap memfaatkan ruang-ruang yang ada untuk mengaktualisasikan diri dan juga melihat peluang dimana harus hinggap untuk mengeskpresikan ide atau gagagsan. Keterlibatan pemuda dalam ruang-ruang seperti politik, bisnis dan lain-lain itu hal yang penting untuk memberikan ide dalam kemajuan bangsa dan Negara

Dalam gelenggang politik misalnya, harus diisi oleh pemuda melineal, karena melineal salah satu masa depan bangsa. Sehingga perlu untuk dapat ruang supaya ada referensi untuk kedepan.

Keterlibatan pemuda di berbagai sector seperti bidang usaha mikro, politik dll. Suatu hal yang urgensi.

Kita ketahui bahwa peran pemuda begitu penting untuk menjadi transformasi masa depan. Pemuda melineal tentunya mempunyai ide-ide atau gagasan yang cemerlang sehingga perlu di berdayakan, bukan hanya itu pemuda harus di beri peluang oleh Negara supaya mampu memberi kontribusi kepada Negara.

Panggung Politik Melineal

Pemuda melineal suatu punggung masa depan, sehingga peran pemuda melineal sangat penting di segala sector. Generasi layaknya sebagai bunga mawar yang tumbuh di lantaran rumput yang subur. Artinya bahwa generasi selalu dibutuhkan diberbagai bidang, dimana pun akan di butuhkan seorang pemuda selalu siap karena di usia produktif seperti itu selalu mempunyai ide-ide yang cemerlang dan konsep yang jelas.

Keterlibatan dalam politik suatu langkah yang tepat yang harus diambil generasi yang notabenenya mempunyai ketertarikan di dunia politik. Karena suatu ajang aktualisasi diri untuk implementasikan seluruh gagasan dan ide. Bukan hanya untuk menyumbangkan seluru gagasan yang dia miliki tetapi suatu referensi untuk mempermantap dalam kematangan politik.

Politik adalah hal yang baik untuk kepentingan kemaslahatan ummat, sehingga keterlibatan dalam politik praktis kita sedang membela kepentingan masyarakat. Karena subtansi politik kepentingan masyarakat menjadi prioritas utama.

Di panggung politik, “political parties’ misalnya bagaimana memainkan peran bagi politisi, panggung politik (Political stage) yang lain di maksud adalah keterlibatan pemuda melineal dalam politik praktis. Ketika terjun di dunia politik praktis maka akan teruji secara mentalitas dan krakter karena panggung politik suatu tempat untuk memainkan peran.

Ketika terlibat dalam politik praktis bukan hanya sebatas menampakkan diri tetapi untuk kepentingan masyarakat.

Pemuda, ketika sudah terlibat dalam politik praktis harus memperlihatkan secara simbolik bahwa bukan hanya kepentingan pribadi atau kelompok, tetapi kepentingan masyarakat sehingga dia harus terlibat dan tampil barani dalam pengambilan kebijakan.untuk kepentingan masyarakat.

Di era digital seperti ini peran pemuda milenial sangat penting karena hadir dimana masa harus berintraksi dengan kemajuan teknelogi. Dengan demikian inovasi dan kereatifitas mileneal sangat di butuhkan dan itu harus di jawab oleh generasi hari ini bahwa bukan hanya untuk berinovasi tetapi mampu bersaing di kancah dunia.

Kemajuan teknelogi yang mampu mengentrol sisi kehidupan manusia maka perlu juga untuk memanfaatkan teknologi dalam ruang-ruang politik, seperti bersosialisasi dan berkampanye misalnya. Dan teknelogi harus di manfaatkan untuk melakukan kebaikan.

Perkembangan zaman di era disrupsi tentunya tantangan juga semakin berat, dimana bahwa system teknelogi semakin “Sophisticated and advanced”. Perkembangan teknelogi salah satu pijakan kemajuan suatu peradaban sehingga generasi muda sangat dibutuhkan bagaimana mampu untuk berinteraksi dan bersaing.

Ketika kita mampu memanfaatkan kemajuan teknelogi hari ini untuk berinovasi dan kreatifitas maka banyak hal yang mesti untuk di lakukan karena kemajuan teknelogi suatu cara untuk mempermudah manusia melakukan hal-hal baru dalam pengembangan potensial.

Ketika kita kaitkan kemajuan tekenelogi dengan politik adalah suatu hal baru yang harus dihadapi para politisi atau generasi milenial. Dimana kita tahu bahwa pada zaman konvensional aktivitas-aktivitas politik yang dilakukan tentunya harus mempunyai waktu yang lama. Seperti melakukan sosialisasi dan pengarahan misalnya.

Tetapi di era sekarang dimana era disrupsi sangat memudahkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan politik, ketika para politisi ingin melakukan sosialisai atau berkampanye tentunya tidak menggunakan waktu begitu lama karena kemajuan teknelogi dengan meragam kanal media social.

Melakukan aktivitas politik seperti kampanye sangat mudah di era sekarang. Karena begitu banyak kanal media social, seperti Fecebook, Whatshap dan Instagram semua ini sangat mudah dan efektif untuk dilakukan.

Aktivitas politik media social ini tentunya hal yang baru karena tidak mengenal waktu kapan dan dimana saja bisa di lakukan dan mudah diakses oleh publik.

Panggung politik di era teknelogi begitu sangat terbuka karena seluruh ide dan gagasan kita bisa di sampaikan secara langsung di media social selama sesuai dengan UU yang ada dan tidak melanggar UU ITE.

Keterbukaan infomasi seperti saat ini bagaimana kita juga memudahkan untuk mengaskses informasi. Dengan keterbukaan informasi masyarakat juga tidak akan ketinggalan informasi bahkan kontribusi politik semakin mudah untuk dikontribusikan seperti gagasan kritikan atau masukan kepada pemerintah.

Peran pemuda milenial sangat urgen dengan kerbukaan bahkan harus mengambil bagian karena begitu banyak kanal media social menjadi panggung politik berkontribusi secara gagasan dan kemajuan demokrasi.

Pemuda harus tampil menyumbangkan konsep demokrasinya. Karena pandangan pemuda dalam prespektif demokrasi untuk membangun bangsa sangat diperlukan. Dengan dermikian peran pemuda memang sangat dibutuhkan sehingga panggung politik bagi pemuda harus terbuka karena bagian penerus kepemimpinan yang akan datang.

Dan etika politik harus manjadi dasar utama untuk melakukan aktivitas politik atau ketika terjun dalam politik praktis kerana harus memberi terobosan baru bahwa segala sesuatu dalam konteks kepentingan maka “political stance” harus manjadi prinsip (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lintas Terkini