oleh

Gita Santih Nusantara Kembali Gelar Festival Internasional TGDGSF 2021

>

Ketua Umum Gita Santih Nusantara Ida Bhawati Prof Dr dr Nyoman Kertia, SpPD-KR seusai diterima Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo

JAKARTA, LintasKompas.id Organisasi nirlaba Gita Santih Nusantara yang anggotanya tersebar di seluruh Nusantara dan Manca Benua, akan menggelar event internasional bertajuk “The Global Domain Gita Santih Festival (TGDGSF) 2021”.

Acara festival yang akan digelar 17-19 Desember 2021 ini mengambil tema global : “Toleransi, Kebudayaan dan Perdamaian”, dengan subtema: “Membangun Generasi Toleran dan Berbudaya untuk Mewujudkan Perdamaian Dunia”.

Demikian Ketua Umum Gita Santih Nusantara Ida Bhawati Prof Dr dr Nyoman Kertia, SpPD-KR seusai diterima Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, akhir September 2021 lalu.

“Dalam Masyarakat majemuk pantas kiranya kita memberi perhatian yang lebih terhadap masalah toleransi dan perdamaian, maka sebuah solusi yang cerdas pemerintah telah mencanangkan tahun 2022 sebagai Tahun Toleransi Indonesia,” katanya.

Festival Nur Terbit
Sebagian dari peserta festival (foto ist)

Dr. Gede Adiputra, Ketua Panitia The Global Domain Gita Santih Festival 2021 mengungkapkan bahwa tahun ini merupakan rangkaian festival yang ke dua, dimana festival yang pertama diselenggarakan tahun 2020 dibuka oleh Bapak Jendral (purn) H. Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan RI.

Festival Nur Terbit
Dr. AAGN Ari Dwipayana , pengurus Gita Santih Nusantara (foto : IST)

Beberapa kegiatan akan digelar dalam TGDGSF 2021 yakni Festival Fotografi, Festival Nyanyian Kedamaian Populer, Festival Nyanyian Kedamaian Tradisi, Festival Tutur  Kedamaian, Festival Kreativitas, dan Pembacaan Bhagavadgita.

Peserta akan terbagi dalam beberapa kategori yaitu anak-anak, usia 6 – 13 tahun; remaja, usia 14 – 20 tahun; dan dewasa usia 21 – 40 tahun.

“Panitia menyiapkan berbagai macam hadiah berupa uang tunai dan doorprize kepada peserta festival kali ini,” kata Kariati, S.Hut, Humas The Global Domain Gita Santih Festival 2021, Rabu 27 Oktober 2021.

Panitia juga, kata Kariati, menargetkan lebih dari 700 -1000 peserta dalam dan luar negeri mengikuti kegiatan yang dilakukan tiap tahun.

Untuk itu panitia telah menyiapkan Nara hubung diantranya: Putu Abdi Hp: +6281236599777 (Indonesia), Desak Sri Gestari hp: +1(301)5691489 (USA), Made Yati Hp: +4917699919149 (Uni Eropa), K. Alit Hp: +61488921634 (Australia), dr Hana Pastime Hp:+6287861223461 (Afrika).

Agenda Tahunan

Menurut Kariati, kegiatan TGDGSF 2021 ini adalah kegiatan tahunan sebagai ajang kreatifitas masyarakat International yang diadakan setiap bulan Desember.

Bentuk acaranya berupa festival kreativitas lintas negara, lintas Iman, dan Ras yang memupuk persaudaran sesama umat manusia untuk perdamaian dunia beserta isinya.

Indonesia dan hampir semua negara di dunia saat ini sedang dalam masa pandemic Covid 19, pandemic ini secara nyata telah melumpuhkan sector-sektor perekonomian terutama sektor pariwisata.

Sektor pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah. Pengembangan pariwisata berbasis budaya ini diharapkan dapat menstabilkan kembali keadaan ekonomi diawal masa pasca pandemi.

“Untuk itu maka pantas kiranya kita memberi perhatian yang lebih terhadap permasalahan tersebut maka perlu sebuah solusi cerdas dalam menyuarakan Toleransi, Kebudayaan dan Perdamaian dimasa pandemic ini,” kata Humas TGDGSF 2021 ini.

Festival Nur Terbit
Agenda acara dan syarat pendaftaran di festival (foto. : IST)

Untuk itu, acara festival yang mengusung pariwisata berbasis budaya ini, sebagai bentuk apresiasi yang menggugah kaum muda dunia untuk berekpresi dengan karyanya.

“Sehingga dapat memberi vibrasi kepada masyarakat International untuk lebih mengenal Indonesia agar sector pariwisata dapat berjaya kembali melalui pariwisata berbasis budaya,” tambahnya.

Acara ini tersaji berupa festival kreativitas seni dan fotografi untuk menyambut bangkitnya sektor pariwisata pasca pandemic Covid 19 (LKid)

Laporan : Bang Alim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lintas Terkini