oleh

Antisipasi Cuaca Ekstrim Dengan Topping Pohon dan Perbaiki Saluran Air    

>

Teks foto: Perbaikan dan pembersihan saluran air. 

Jakarta, LintasKompas.id – Sebagai upaya mengantisipasi cuaca ekstrim, hujan lebat dan angin puting beliung, beberapa kelurahan di DKI, khususnya di Jakarta Timur melakukan penoppingan pohon-pohon rindang dan membersihkan saluran atau tali air di wilayahnya.

Kegiatan tersebut telah dimulai sejak Oktober yang lalu sampai saat ini seperti terlihat di Kelurahan Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kelurahan Pal Meriam dan Pisangan Baru Kecamatan Matraman, Jakarta Timur pekan ini.

“Kami telah melakukan penopingan 6 pohon dan membersihkan tali air di daerah yang rendah seperti RW 02, ” kata Lurah Pal Meriam H Wawan Setiawan, Selasa (16/11).

Dari pengerukan saluran air dan anak kali di wilayah itu pekan lalu, terkumpul 40 karung yang tiap karung berukuram 25 kg.

Namun sekarang jumlah sedimen yang dikeruk mencapai 75 karung.

“Semua kami kerjakan bersama Satlak Kecamatan dari Sudin terkait seperti Sumber Daya Air (SDA) dan Sudin Pertamanan dan Hutan Kota dengan pegerahan anggota PPSU kami,” ujar Wawan Setiawan.

Hal senada diungkapkan Lurah Bali Mester Nugroho M Bawono.Rabu (17/11).

“Persiapan menghadapi musim penghujan untuk Bali Mester ini polanya pencegahan bukan penanganan masalah,” kata Lurah Nugroho.

Dijelaskannya sejak awal 2020 rutin setiap Senin PPSU fokus untuk pembersihan tali air di sepanjang jalur protokol untuk pencegahan genangan di jalur protokol.

^Sebelum musim hujan dilakukan penoppingan pohon pohon yang rimbun untuk pencegahan pohon tumbang di saat hujan dan angin kencang datang,” tambahnya.

Tercatat sejak 2021 ada 20 pohon yang dipangkas bagian atasnya alias topping yang dilakukan bersama antara Satpel Sudin Perramanan dan Hutan Kota Jakarta Timur dan PPSU.

Sedangkan untuk lingkungan perumahan warga, pihaknya berkolaborasi dengan SDA dan warga bekerja bakti menguras saluran.

Masalah yang ditimbulkan luapan Kali Ciliwung di Jalan Jatinegara Barat (tongtek) sudah pernah diusulkan untuk ditangani. Upayanya berkoordinasi dengan Sudin Gulkarmat dan Sudin SDA untuk dilakukan pemompaan genangan ke kali Ciliwung sehingga cepat surut.

Demikian pula dengan Kelurahan Pisangan Baru di Kecamatan Matraman, yang lokasinya di antara kedua kelurahan tersebut.

Saluran air di RT 002/15 di Jl Pisangan Baru Tengah yang mampet dibongkar dikeruk. Sampah dan sedimen yang menyumbat diangkat.

Pekerjaan itu dilakukan Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Pisangan Baru bersama Satuan Tugas Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Matraman. Dengan demikian genangan air di tempat itu yang selama ini dikeluhkan masyarakat sejak pekan ini tidak ada lagi.

Kepala Seksi Ekonomi, Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Kelurahan Pisangan Baru, Mulya Fitri Senin (15/11) mengatakan, pihaknya mengerahkan 5 orang PPSU Pisangan Baru dan 3 orang Satgas SDA Kecamatan Matraman.

Dijelaskan Mulya Fitri, ada 40 karung berisikan sampah, lumpur dan puing batu berhasil diangkut petugas (SPD/LKid).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lintas Terkini