oleh

BSMI Lakukan Pengobatan Masal dan Penyuluhan Kesehatan di Kampung Kembar

>

Teks Foto : Bakti Sosial Bulan Sabit Merah Indonesia di Kampung Kembar, Layani 200 Pasien dan Anak PAUD

Jakarta, LintasKompas.id – Bulan Sabit Merah Indonesia (BMSI) DKI Jakarta dipimpin Pardian Sulaiman bekerjasama dengan PKK setempat, melakukan bakti sosial di Kampung Kembar RW 03 Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Ahad (12/12/2021).

Sekitar 150 orang warga setempat terutama lansia mendapat pelayanan pemeriksaan kesehatan pengobatan dan cek gula darah maupun asam urat.

Sementara 50 anak anak dari 5 PAUD di Kecamatan Duren Sawit, 2 PAUD diantaranya khusus anak pemulung, mendapat penyuluhan kesehatan PHBS sambil bermain di Gedung Serbaguna RW 03 Malaka Jaya.

Pardian Sulaiman selaku ketua panitia baksos BSMI DKI Jakarta saat berlangsung bakti sosial tersebut di halaman kantor RW 03 Malaka Jaya menuturkan, kegiatan ini dilakukan bersama PAUD Ceria Indah PKK RW 03.

“Kami BSMI ada 20 orang yaitu Dokter Farida, 6 perawat, 4 apoteker, 5 tenaga logistik dan 4 orang tenaga kesekretariatan. Selebihnya dari PKK dan tenaga lokal,” kata Pardian.

Dijelaskannya, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) ini organisasi kemanusiaan non partisan yang berdiri tahun 2002 dan sudah memiliki cabang di 20 provinsi dan 200 kota/kabupaten se Indonesia.

“BSMI lebih fokus ke tanggap bencana makanya kami juga mengirimkan relawan membantu korban erupsi gunung Semeru, di Jawa Timur bersama badan penanggulangan bencana di daerah itu” tuturnya.

Sementara Kepala PAUD Ceria Indah, Utami SPd, mengakui pihaknya mengajak 4 PAUD lagi dengan 25 anak didiknya sehingga menjadi 50 anak berikut dari PAUD tuan rumah.

Dijembatani Komunitas Cerdas Anak (KOCA), kata Utami, diikutkanlah 15 anak anak pemulung dari 2 PAUD Sore dari Pondok Kopi yang tepat sasaran mengikuti acara tersebut.

Mereka mendapat pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dari BSMI sambil bermain di gedung Serbaguna tak jauh dari kantor RW 03.

“Mereka masing masing mendapat goodie bag. Isinya snack, susu, buku tulis dan buku cerita,” ujar Utami.

Ketua RW 03 Malaka Jaya M Zainudin menyampaikan terimakasih atas kehadiran BSMI DKI dengan kegiatan yang bermanfaat bagi warganya.

Hadir pula anggota LMK Malaka Jaya H Nawawi, nenek Si Kembar Fina – Fani yaitu Ny Fitri serta wali Si Kembar Riko-Riki, H Setijoko. Mereka datang untuk berobat dan cek kesehatan gratis bersama warga lainnya. (Sup/LKid).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lintas Terkini