oleh

Lurah Makasar dan PKK Panen Sayur Perdana dari Green House Baznas Bazis

>

Foto ; Lurah Makasar dan PKK Panen Sayur Perdana dari Green House Baznas Bazis (Sup/LKid)

JAKARTA, LintasKompas.id- Lurah Makasar Nasrudin bersama Ibu-ibu PKK dari Kelurahan dan Kecamatan Makasar, Jakarta Timur melakukan panen perdana sayur mayur tanaman sendiri di Green House Jumat (7/1/2022).

Lurah Nasrudin dan Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Makasar Sri Utami sengaja mengundang Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur Eka Nafisah ikut panen sebagai ucapan terimakasih karena green house itu bantuan Baznas Bazis Jakarta Timur.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Baznas Bazis Kota Jakarta Timur yang telah memberikan bantuan Green House untuk kesejahteraan masyarakat Makasar. Ini telah terbukti meningkatkan ekonomi masyarakat dengan hasil panen kangkung dan bayam,” kata Lurah Makasar Nasrudin Senin (10/1/2022).

Penen Sayur
Panen Sayur (Sup/LKid)

Lebih lanjut Lurah Nasrudin mengungkapkan hasil kangkung sebanyak 16,2 kg dan bayam 5,6 kg.

Sayuran hidroponik tersebut dijual kepada masyarakat sekitar dan ASN Kelurahan Makasar.

” Uangnya masuk kas PKK Kelurahan untuk pembelian bibit lagi dan keperluan pertanian sayur mayur itu,” tambah Fima dari Seksi Kesra setengah melapor kepada Pak Lurah.

Setelah panen Green House kini sedang dibenahi dan berikutnya akan ditanami selada, sebagai pengganti kangkung dan bayam.

Bila dihitung, tanaman hidroponik kangkung dan bayam baru tiga pekan sudah dapat dipanen.
Pasalnya 14 Desember 2021 disemai 7 Januari 2022 sudah bisa panen.

Sementara Eka Nafisah Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur Senin (10/1/2022) sore mengaku merasa senang ikut panen perdana sayuran hidroponik dari Rumah Hijau atau Green House.

Diakui, Baznas Bazis Jaktim membantu dana Rp 35 Juta untuk membangun Green House berukuran 5,7.× 5,6 m dengan konstruksi baja ringan. Rumah itu dilengkapi rak pralon dengan lubang lubang untuk tanaman dengan medianya.

Bantuan dana untuk Green House itu sebenarnya sudah diajukan dari bulan Mei. “Sepertnya realisasi baru Juni,” kata Eka lagi.
Bantuannya juga dalam bentuk pelatihan bagi tenaga yang menanganinya.

Setahun yang silam Baznas Bazis Jakarta Timur juga telah membantu masyarakat dalam usaha _urban farming_ dengan sistem hidroponik di RW 09 Kelurahan Pulogebang, Cakung.

Lokasinya di halaman masjid di komplek perumahan Pulogebang Permai. Pelakunya pengurus dan jamaah masjid tersebut. (Sup/LKid).

Panen Sayur (Sup/LKid)
Saat Lurah dan anggota PKK panen Sayur (Sup/LKid)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lintas Terkini