oleh

Jakarta Timur Giatkan Nanam Anggur, Kecamatan Cipayung Paling Depan 

>

Gerakan urban farming dengan tanaman anggur di Kecamatan Cipayung (foto Sup/LKid)

JAKARTA, LintasKompas.id – Sejak tahun 2021 Pemerintah Kota Jakarta Timur mengajak warganya menanam anggur, selain untuk penghijauan juga akan mampu meningkatkan ekonomi warganya.

Sampai saat ini 6 dari 8 kelurahan di Kecamatan Cipayung sudah melakukan budidaya anggur tersebut.

Anggota Dewan Kota Jakarta Timur dari Kecamatan Cipayung Toto Suharto mengungkapkan itu Minggu (13/2/2022).

Toto Suharto mengaku terus memonitor gerakan urban farming dengan tanaman anggur tersebut yang kini sudah berkembang seperti diungkapkan Camat Cipayung Panangaran Ritonga.

“Sebenarnya budidaya anggur ini telah dimulai di RW 06 Kelurahan Munjul sejak tahun 2020. Tetapi baru mencuat tahun 2021 dengan sebutan Kampung Anggur,” kata Toto.

Sementara itu secara terpisah Camat Cipayung Panangaran Ritonga mengungkapkan pihaknya juga mengikuti webinar budidaya anggur yang dibuka oleh Walikota Jakarta Timur Muhammad Anwar di Ruang Pola Jakarta Timur Rabu(9/2/2022).yang lalu.

“Sekarang ini semua kantor Kelurahan di Cipayung dan kantor kecamatan sudah menanam anggur, ” ujarnya.

Menurut Camat Ritonga gerakan warga dalam budidaya anggur selain di RW 06 dan 04 Kelurahan Munjul juga sudah dilakukan di 5 kelurahan lainnya

Disebut oleh Ritonga, di Kelurahan Cipayung sudah dilakukan penanaman anggur di RW 06, untuk

Pondok Ranggon di RW. 03, Bambu Apus di RW. 04, Kelurahan Ceger di RW 03 komplek Ceger Residen dan untuk Kelurahan Lubang Buaya di RW 02.

Diikuti 640 Peserta

Sementara itu Walikota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat membuka Webinar Penanaman dan Budidaya Anggur Rabu (9/2/2022) mengatakan kegiatan seminar online tersebut akan bermanfaat bagi masyarakat di tengah masa pandemi.

“Penanaman dan budi daya anggur ini sangat penting dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat, agar program penghijauan dan peningkatan ekonomi dapat dilakukan secara kesinambungan. Karena itu, saya harapkan kegiatan ini benar-benar direaliasikan dan bukan sekadar seremonial,” tandas Anwar.

Kepada lebih 640 peserta webinar itu Walikota M Anwar mengingatkan menanam anggur sangat baik dan menguntungkan karena memiliki nilai ekonomi. Lebih lebih pada masa oandemi sekarang ini.

Karena itu diharapkan oleh Walikota Anwar agar Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur dapat memberikan sosialisasi, bantuan pupuk hingga pelatihan kepada masyarakat.

Sementara itu Plt Kepala Sudin KPKP Jakarta Timur,  Ali Nurdin menjelaskan, peserta webinar tersebut berjumlah 648 orang yang berasal dari perwakilan pengurus RT/RW, LMK, karang taruna, hingga para lurah dan camat.

Menurut Ali Nurdin, Sudin KPKP Jaktim akan menurunkan tim khusus untuk sosialisasi teknik budi daya anggur pada masyarakat.

“Khusus tanaman anggur ini harus hati-hati dan siapkan media tanamnya dengan baik. Karena anggur ini berbeda dengan tanaman lainnya,” jelas Ali.

Ketua RW 09 Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, H Koiman mengakui ia bertiga bersama 2 orang dari RW 09 juga mengikuti webinar budidaya anggur tersebut.

Ia mengatakan sudah sejak tahun lalu menanam anggur di kantor sekretariat RW 09 bersama tanaman urban farming lainnya.

“Tapi baru sedikit. Nanti bila penanaman anggur lebih banyak lagi kami.undang,” kata H Koiman. (Sup/LKid).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lintas Terkini