oleh

Makan Gratis di Masjid Darul Arqam, Disediakan 80-100 Porsi Tiap Selasa dan Rabu

>

Relawan Dapur SiJum santap siang setelah semua jamaah dapat jatah (foto : Sup/LKid)

JAKARTA, LintasKompas.id – Warung Makan Gratis (WMG) yang diselenggarakan “Dapur SiJum” di wilayah Jakarta Timur kini tinggal satu yaitu di masjid Darul Arqam, di RW 03 Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit.

Sedang WMG satu lagi diselenggarakan Dapur SiJum di RW 06 Pondok Kelapa sudah lebih satu bulan tutup.

Ketua Dapur SiJum Jakarta Timur Ny. Sonya Muniyati mengungkapkan hal itu ketika berkunjung ke Masjid Darul Arqam RW 03 Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit Rabu (23/2/2022).

Didampingi Ny Idayanti, relawan SiJum Masjid Al Mizan RW 01 Malaka Jaya, lebih lanjut Ny Sonya menjelaskan tutupnya Warung Makan Gratis (WMG) di RW 06 Pondok Kelapa itu karena keluarga pengelolanya sedang sakit.

“Ibu Nuraini selama ini bekerja sendiri. Anaknya sedang sakit dan dia harus mengurusnya. Jadi WMGnya tutup,” kata Ny Sonya .

Pengurus Dapur SiJum berdialog dengan remaja jamaah masjid Darul Arqam menjelang makan siang (foto : Sup/LKid)

Hal itu dibenarkan Idayanti relawan dari RW 01 Malaka Jaya yang sering membantu WMG Pondok Kelapa RW 06.

Hadir pula usai solat Dzuhur di serambi masjid tersebut saat itu Indra Fikri pimpinan seksi Ubudiyah DKM Darul Arqam Indra Fikri, Abdul Djalil selaku Humas, Ketua Dapur SiJum Darul Arqam Hj Andelisna bersama Sekretaris Utami SPd serta sejumlah relawan SiJum.

Utami ketika dimintai keterangan Kamis (24/2/2022) menjelaskan sejak dibuka Warung Makan Gratis SiJum di masjid Darul Arqam 14 Desember 2021 yang lalu sampai kini Dapur SiJum menyediakan 80 sampai 100 porsi nasi berikut lauk pauk dan buah tiap hari Selasa dan Rabu.

Ini diperutukkan bagi jamaah solat Dzuhur, khususnya para pejuang nafkah dan musafir yang mampir untuk solat di Darul Arqam.

Sementara itu Ono (74) dari Majalengka, kakek empat cucu dari 3 anak mengaku sudah lebih 3 bulan mencari kerja di Jakarta.

Ia bersama beberapa kawannya bila malam tidur di Pos RW 12. Beberapa kali solat Dzuhur di Masjid Darul Arqam kut makan siang gratis sehingga merasa sedikit tertolong.

Sementara Dayat (53) dari Garut yang berjualan mainan anak anak keliling kampung di Jakarta Timur, sering istirahat tengah hari di bawah pohon jambu dekat Masjid Darul Arqam.

“Ini lumayan juga,” ujar Yayat sambil membawa bungkusan nasi berikut lauk. Ia bersama 4 temannya dari Garut kontrak satu rumah di Gang Bona, Penggilingan.

Lain lagi dengan Mul (51) tukang ojek online, mengaku baru 2 kali solat dzuhur dan makan gratis di Darul Arqam. “Yang jelas masakannya enak,” ucapnya.

Sekretaris Dapur SiJum (NasiJumat) Darul Arqam RW 03 Utami, SPd, menjelaskan tiap Jumat pihaknya bersama para relawan menyiapkan nasi Jumat (Si Jum) 200 porsi. Sijum dibagikan kepada para jamaah sehabis solat Jumat.

Untuk warung makan gratis tiap Selasa dan Rabu siang, disiapkan nasi dan lauk 80 sampai 100 porsi.

Tadinya disajikan secara prasmanan di serambi masjid. Namun setelah diterapkan PPKM Level 3, makan gratis tersebut disajikan dalam bungkusan. Para jamaah mengambil sendiri di meja yang berada di serambi masjid.

Diakui Utami , bahwa dapur SiJum tiap pekan mendapat bantuan dari relawan Al Mizan RW 01 Malaka Jaya. “Iya suka ngasih beras dan tempe,” imbuhnya. (Sup/LKid).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lintas Terkini