oleh

68 Santri TPQ Darul Arqam Peringati Isra Mi’raj Bersama Pendongeng Kak Nia

>

Para santri kecil mendapat bingkisan dari TPQ (foto : Sup/LKid)

JAKARTA, LintasKompas.id  Sebanyak 68 santri TPQ Darul Arqam di RW 03 Malaka Jaya, Kecamatan mDuren Sawit, Jakarta Timur, Senin (28/2/2022) memperingati peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di masjid Darul Arqam.

Mereka usia TK sampai SD dan sebagian usia SMP menampilkan hafiz hafalan Qur’an, puisi, kesenian hadroh maupun menjadi MC dan hiburan pendongeng Kak Nia dengan boneka bernama Salihah.

Kepala TPQ Darul Arqam, Utami SPd berhalangan hadir karena harus menjenguk ibu mertuanya yang sakit di Kutoarjo.

Namun ada Hj Andelisna Wakil Ketua Dapur SiJum Darul Arqam dan guru TPQ, Ustadzah Naryani beserta pengurus masjid yang menangani acara tersebut.

Ketua RW 03 Malaka Jaya M Zainudin dalam sambutannya mengatakan akhir akhir ini peristiwa penting sejarah Nabi Muhammad SAW jarang diperingati akibat pandemi.

“Makanya peringatan Isra’ Mi’raj ini penting agar anak anak mengerti dan menjadi anak soleh dan solehah,” kata Pak RW.

Sementara Ketua DKM Masjid Darul Arqam Drs Nur Yahya menyatakan terimakasihnya kepada para orang tua santri yang telah mempercayakan putra putrinya belajar Al Quran di TPQ ini.

Sekarang di masjid ini juga ada kelas tahfiz Al Quran untuk anak anak tingkat TK sampai dengan SMP. Diharapkan melalui TPQ ini akan lahir generasi anak anak Al Quran yang soleh dan solehah. Karena itu diperlukan partisipasi para orang tua santri dan jamaah maupun warga RW 03 Malaka Jaya.

Peristiwa Isra’ Mi’raj diceritakan oleh. pendongeng Kak Nia yang nama lengkapnya Nia Yurniarsih alumnus UNJ jurusan Bahasa Indonesia.

Dengan boneka yang dinamai Salehah, Kak Nia bercerita bagaimana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram Mekkah ke Masjidil Aqsa di Yerusalem yang berjarak 1397 km dan kemudian naik ke langit ketujuh.

Saat itu tanggal 27 Rajab tahun 621 Masehi dan Nabi Muhammad menerima perintah Allah untuk umatnya solat 5 waktu setiap hari.

“Nabi naik apa adik adik. Dan siapa yang menemani beliau,” tanya Kak Nia.

Terdengar beberapa suara kecil bersahutan menyebut nama Buraq dan Malaikat Jibril.

Santriwati kembar Vina dan Vani (8) serta temannya Fidelia (10) ketika ditanya mengaku senang dengan cerita Kak Nia Pendongeng.
“Saya ngerti cerita Isra Mi’raj,” ujar Vina Selasa (1/3/2022).

Hj Andelisna menjelaskan pihaknya telah memberikan hadiah bingkisan tempat makan dan snack yang disediakan oleh Kepala TPQ Darul Arqam, Utami SPd.

“Kami bagikan kepada santri yang datang saja 68 anak. Sisanya masih ada,” kata Andelisna.

Menurut Utami, tercatat santri TPQ Darul Arqam 75 orang anak. (Sup/Lkid).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lintas Terkini