oleh

Kasubdit Regident AKBP Erwin Syah : Masyarakat Dihimbau Urus STNK Dan BPKB langsung ke Kantor Samsat Tanpa Ada pungutan Jangan Lewat Calo

>

Kasubdit Regident AKBP Erwin Syah : Masyarakat Dihimbau langsung melakukan pengurusan ke kantor Samsat tanpa ada pungutan.

Makassar, Lintas Kompas 

 

Inilah Penjelasan AKBP Erwin Syah SIK selaku Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel soal Adanya Dugaan Pungutan Diluar PNBP di Kantor Samsat Di Makassar sebagai berikut :

1. Penerapan pemberlakuan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) telah diatur dalam PP No.60 Tahun 2016.
Inilah Tarif Penerbitan STNK, tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Menurut PP ini, jenis PNBP yang berlaku pada Polri salahsatunya Penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dengan nilai yang sudah ditetapkan. Utk PNBP BPKB kendaraan roda empat Rp.375 ribu sedang roda dua Rp.225 Ribu.

Di pelayanan Regident BPKB kami mencantumkan pamplet salam ruang pelayanan untuk diketahui pemilik kendaraan sekaligus bentuk transparansi yang hendak melakukan proses pergantian atau buku baru BPKB terkait biaya yang sudah diatur dalam PNBP tersebut.

2. Terkait dengan pengesahan, pihak Ditlantas Polda Sulsel, hingga saat ini Mengajak dan mengedukasi pada masyarakat/pemilik kendaraan melalui media pemberitaan cetak, elektronik dan online untuk langsung melakukan pengurusan ke kantor Samsat terdekat tanpa ada pungutan, kecuali sesuai dengan aturan pemberlakuan tarif PNBP.

3. Jika ada masyarakat yang tidak terlayani dengan baik, kamipun membuka diri untuk datang langsung ke Regident Ditlantas Polda Sulsel melakukan pengaduan. Jika terbukti personil di Samsat Makassar tak melayani dengan baik kami akan melakukan tindakan kepada personil.

4. Soal kendaraan baru, khusus area Makassar Raya (Samsat Makassar, Maros dan Gowa) muara registrasi dan identifikasi (Regident) berawal pendaftaran di Regident Ditlantas Polda Sulsel. Kepemilikan kendaraan bermotor dengan penerbitan BPKB untuk kendaraan bermotor baru mengacu pada ketentuan dalam Perpol Nomor 7 tahun 2021, tentang Persyaratan Penerbitan BPKB Baru berdasarkan pasal 44 yang berbunyi :
Persyaratan penerbitan BPKB baru untuk Ranmor yang diproduksi dan/atau dirakit dalam negeri (Completely Knocked Down). Jadi masyarakat yang hendak mengurus proses Regident ke daraan baru nya, segera daftarkan terlebih dahulu di Pelayanan BPKB Regident Ditlantas Polda untuk proses regident dan buku BPKB, selanjut yang proses input di Samsat setempat guna penerbitan STNK tanpa dipungut bayaran.

5. Demikian halnya pada penerbitan atau proses regident Bea Balik Nama (BBN) 2 masyarakat dihimbau melakukan proses di pelayanan Regident BPKB Ditlantas Polda tanpa melalui perantara dengan melengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan dalam aturan yanh berlaku, seperti BPKB asli, STNK asli, KTP pemilik pertama, cek fisik yang diregister petugas Samsat atau Ditlantas dan Kuitansi pembelian serta KTP berlaku pemilik atas nama kendaraan tersebut dengan biaya BPKB sesuai dengan PNBP.

Demikian Hak jawab konfirmasi atau hak koreksi yang dilayangkan secara lisan, untuk bisa dijadikan acuan perimbangan berita seperti yang dimaksudkan.

Atas perhatiannya kami haturkan terimah kasih.

AKBP Erwin Syah
(Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel)

( Tim/Bersambung……)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lintas Terkini