oleh

HBKB di Jakarta Timur Disambut Gembira, Namun Terbatas Acara Warga

>

Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang diberlakukan kembali di Jl Pemuda, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu (22/5/2022) – Foto : Sudin Kominfotik Jaktim

JAKARTA, LintasKompas.id-
Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang diberlakukan kembali di Jl Pemuda, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu (22/5/2022) disambut gembira dan antusias oleh ribuan warga sekitar. Namun belum ada acara oleh instansi pemerintah.

Camat Pulogadung Bambang Pangestu dan Kepala Seksi Kesra Kelurahan Jatinegara Kaum, H Husein mengungkapkan hal itu Senin (23/5).

Secara terpisah kedua pamong praja tersebut mengakui HBKB atau car free day Minggu ke-4 ini diisi warga yang berjalan kaki, lari santai dan bersepeda. Namun tidak seperti sebelum pandemi covid 19 yang dihadiri Walikota Jakarta Timur.

Namun dukungan Pemko Jaktim terlihat dengan hadirnya pejabat tingkat kota dan para petugas maupun fasilitasnya.

“Pak Wali tidak hadir. Tetapi pejabat pejabat tingkat Kota hadir,” kata Bambang Pangestu.
Hal itu diakui pula oleh petugas Sudin Komimfotik Jakarta Timur Oscar yang memantau acara tersebut.

“Pak Budhy Novian Kasatpol PP Jaktim dan Pak Kasudin Perhubungan juga hadir,” ujarnya.

Sementara pengamat budaya dan pariwisata Jakarta H Abu Galih ketika diminta pendapatnya Selasa (24/5) mengharapkan agar HBKB diisi pula acara budaya dan sosialisasi program kemasyarakatan.

“Seperti dulu di Jalan Pemuda diisi atraksi musik angklung dan tarian Betawi. Pernah pula acara sosialisasi mencuci tangan dengan sabun,” ujar Abu Galih.

Jalan dialihkan saat acara HBKB (Foto : Sudin Kominfotik Jaktim)

Sementara Kasie KIP Sudin Kominfotik Jakarta Timur Erwin Lobo tidak menyangkal , bahwa HBKB tsb terus dievaluasi untuk perbaikan ke depan sebagai upaya mengurangi polusi udara akibat gas buangan kendaraan bermotor.

Terpantau HBKB di Jl Pemuda ruas perempatan Tugas sampai perempatan Arion/Jl Velodrom, warga menyemut di sana. Kegiatannya meliputi jalan kaki, senam dan bersepeda dari pukul 06.00 – 10.00 WIB.

HBKB di sini diselanggarakan tiap Minggu ke 4. Selama HBKB berlangsung, di pinggir Jl Pemuda disediakan mobil toilet dari Sudin LH dan Kebersihan dan ambulan dari Sudin Kesehatan maupun PMI Jaktim. (Sup/LKid).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lintas Terkini